05 September 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Bidang Studi            :  Fiqih
Kelas / Semester     :  VII/I
Tahun Ajaran           :  2010-2011
Alokasi Waktu         :  2 x 35 menit (1 x pertemuan)

Standar Kompetensi
  1. Melaksanakan tatacara berdzikir dan berdo’a setelah shalat
       Kompetensi Dasar
4.1  Menjelaskan tata cara berdzikir dan berdo’a setelah solat

      Indikator
4.1.1  Menjelaskan pengertian dzikir dan do’a
4.1.2  Mengemukakan manfaat dzikir dan do’a
4.1.3  Melafalkan dzikir dan do’a

     A. Tujuan Pembelajaran
·         Siswa dapat menjelaskan pengertian dzikir dan do’a
·         Siswa dapat mengemukakan manfaat dzikir dan do’a
·         Siswa mampu melafalkan dzikir dan do’a

     B. Materi Pembelajaran
·         Pengertian dzikir menurut bahasa adalah menyebut atau mengingat.
Adapun pengertian dzikir menurut istilah adalah menyebut dan mengingat Allah SWT baik secara rahasiah dalam hati ataupun secara terang-terangan di ucapkan.
Dalam QS Al-Ahzab ayat 41-42 ayat yang memerintahakan dan menjelaskan tentang dzikir.
Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang” (Al – Ahzab : 41-42)
·         Pengertian Do’a adalah permohonan yang di ajukan kepada Allah SWT secara langsung tanpa perantara dengan maksud agar segala urusan senantiasa mendapt pertolongan dan Rahmat dari Allah SWT, dijelaskan  dalam QS Al-Mu’min ayat 60.
  
Artinya: “Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam Keadaan hina dina". (Al – Mu’min : 60)

Selengkapnya silahkan download RPP MTS FIQIH

wordpress hosting